Jago
Tempur Lufwaffe di Front Eropa Timur
1941-1945
Perang
Udara terbesar, terbrutal, tersengit, dan terlama didunia yang terjadi antara
pilot-pilot tempur Luftwaffe Jerman
menghadapi pilot-pilot Voenno Vozdusnie Silly (VVS) Uni Soviet yang
terjadi di Eropa
Timur, Uni Soviet, Eropa Tenggara, Laut Hitam, Laut Baltik, dan
Eropa Tengah selama 22 Juni 1941 sampai dengan 8 Mei 1945.
|
Pangkat
|
Nama Depan
|
Nama Akhir
|
Front Timur
|
Front Barat
|
Jumlah
|
|
Major
|
Erich "Bubi"
|
350
|
2
|
352
|
|
|
Major
|
Gerhard
|
301
|
0
|
301
|
|
|
Major
|
Günther
|
271
|
4
|
275
|
|
|
Oberleutnant
|
Otto
|
267
|
0
|
267
|
|
|
Major
|
Walter
|
255
|
3
|
258
|
|
|
Major
|
Wilhelm
|
234
|
3
|
237
|
|
|
Oberst
|
Hermann
|
202
|
10
|
212
|
|
|
Hauptmann
|
Helmut
|
200
|
3
|
203
|
|
|
Major
|
Heinrich
|
198
|
10
|
208
|
|
|
Oberleutnant
|
Walter
|
Schuck
|
189
|
17
|
206
|
|
Hauptmann
|
Joachim
|
Brendel
|
189
|
0
|
189
|
|
Oberleutnant
|
Anton "Toni"
|
184
|
20
|
204
|
|
|
Major
|
Hans
|
Philipp
|
178
|
28
|
206
|
|
Hauptmann
|
Walter "Graf Punski"
|
177
|
20
|
197
|
|
|
Oberleutnant
|
Günther
|
Josten
|
177
|
1
|
178
|
|
Major
|
Theodor
|
Weissenberger
|
175
|
33
|
208
|
|
Hauptmann
|
Günther
|
174
|
0
|
174
|
|
|
Oberleutnant
|
Max
|
Stotz
|
173
|
16
|
189
|
|
Oberleutnant
|
Heinz
"Johnny"
|
Schmidt
|
173
|
0
|
173
|
|
Hauptmann
|
Joachim
|
Kirschner
|
167
|
21
|
188
|
|
Hauptmann
|
Horst
|
164
|
2
|
166
|
|
|
Major
|
Kurt Hans Friedrich
|
Brändle
|
160
|
20
|
180
|
|
Hauptmann
|
Heinrich
|
Sturm
|
158
|
0
|
158
|
|
Oberleutnant
|
Gerhard
|
Thyben
|
152
|
5
|
157
|
|
Leutnant
|
Peter
|
Düttmann
|
152
|
0
|
152
|
|
Oberleutnant
|
Hans
"Beisser"
|
151
|
1
|
152
|
|
|
Oberst
|
Johannes
"Mäcky"
|
Steinhoff
|
148
|
28
|
176
|
|
Oberleutnant
|
Fritz
|
Tegtmeier
|
146
|
0
|
146
|
|
Hauptmann
|
Emil "Bully"
|
144
|
29
|
173
|
|
|
Oberst
|
Gordon Mc
|
144
|
6
|
150
|
|
|
Oberleutnant
|
Albin
|
Wolf
|
144
|
0
|
144
|
|
Major
|
Erich
|
138
|
86
|
224
|
|
|
Oberst
|
Wolf-Dietrich
|
137
|
25
|
162
|
|
|
Oberleutnant
|
Walter
|
Wolfrum
|
137
|
0
|
137
|
|
Hauptmann
|
Rudolf
|
136
|
2
|
138
|
|
|
Hauptmann
|
Karl-Heinz
|
136
|
0
|
136
|
|
|
Oberleutnant
|
Otto
|
Fönnekold
|
133
|
3
|
136
|
|
Major
|
Johannes
|
133
|
0
|
133
|
|
|
Hauptmann
|
Heinrich
|
Setz
|
132
|
6
|
138
|
|
Major
|
Adolf
|
Borchers
|
132
|
0
|
132
|
|
Major
|
Anton
|
131
|
61
|
192
|
|
|
Leutnant
|
Gerhard
|
Hoffmann
|
130
|
0
|
130
|
|
Major
|
Franz
|
129
|
0
|
129
|
|
|
Hauptmann
|
Franz
|
128
|
0
|
128
|
|
|
Leutnant
|
Kurt
|
126
|
17
|
143
|
|
|
Hauptmann
|
Wilhelm
|
125
|
6
|
131
|
|
|
Leutnant
|
Karl
|
Gratz
|
121
|
17
|
138
|
|
Oberleutnant
|
Hans
|
Waldmann
|
121
|
10
|
134
|
|
Oberleutnant
|
Heinrich "Bazi"
|
Sterr
|
120
|
3
|
130*
|
|
Oberleutnant
|
Wolf-Udo
|
120
|
4
|
124
|
|
|
FjOfw.
|
Heinz "Negus"
|
120
|
1
|
121
|
|
|
Oberleutnant
|
Friedrich
|
Obleser
|
120
|
0
|
120
|
|
Hauptmann
|
Franz
|
117
|
16
|
133
|
|
|
Leutnant
|
Franz-Josef
|
117
|
0
|
117
|
|
|
Leutnant
|
Hans-Joachim
|
117
|
0
|
117
|
|
|
Leutnant
|
Jakob
|
Norz
|
117
|
0
|
117
|
|
Leutnant
|
Heinz "Piepl"
|
Wernicke
|
117
|
0
|
117
|
|
Oberleutnant
|
Josef "Jupp"
|
Zwernemann
|
116
|
10
|
126
|
|
Oberleutnant
|
August
|
Lambert
|
116
|
0
|
116
|
|
Oberst
|
Adolf
|
115
|
21
|
136
|
|
|
Major
|
Erwin
|
114
|
18
|
132
|
|
|
Leutnant
|
Hans
|
Dammers
|
113
|
0
|
113
|
|
Leutnant
|
Berthold
|
Korts
|
113
|
0
|
113
|
|
Hauptmann
|
Alfred
|
109
|
24
|
132
|
|
|
Oberst
|
Dietrich
|
Hrabak
|
109
|
16
|
125
|
|
Oberleutnant
|
Bernhard
|
Vechtel
|
108
|
0
|
108
|
|
Oberleutnant
|
Franz
|
Woidich
|
107
|
3
|
110
|
|
Hauptmann
|
Werner
|
Lucas
|
106
|
0
|
106
|
|
Hauptmann
|
Emil
|
104
|
4
|
108
|
|
|
Oberleutnant
|
Viktor
|
104
|
2
|
106
|
|
|
Hauptmann
|
Ernst-Wilhelm
|
Reinert
|
103
|
71
|
174
|
|
Leutnant
|
Heinz
|
103
|
1
|
104
|
|
|
Oberleutnant
|
Rudolf
|
Miethig
|
101
|
0
|
101
|
|
Leutnant
|
Ulrich "Pipfax"
|
Wernitz
|
101
|
0
|
101
|
|
Leutnant
|
Wilhelm
|
100
|
14
|
114
|
|
|
Hauptmann
|
Eberhard von
|
Boremski
|
100
|
4
|
104
|
Total Kills :
11.229
Pesawat VVS Uni
Soviet yang ditembak jatuh oleh 76
jago tempur Luftwaffe Jerman dari 37.118 total pesawat Soviet yang tertembak jatuh di Front Eropa Timur (727 unit adalah kemenangan udara mereka dari Front Barat dari pihak Sekutu Barat).
Pertempuran Udara ini dimulai kala Jerman melancarkan operasi Barbarossa pada 22 Juni 1941 dengan
mengerahkan hampir 2.500 unit
pesawat tempur dan bomber mereka menyerang masuk Uni Soviet.
Padahal jika dihitung dari segi jumlah kekuatan udara Uni Soviet jauh lebih unggul, karena saat itu VVS Soviet memiliki kurang lebih 10.000 unit pesawat tempur.
Tapi karena pesawat-pesawat Soviet diawal perang didominasi oleh penempur Polikarpov I-16 Rata dan pembom Polikarpov Po-2 yang rata-rata sudah ketinggalan jaman dapat dengan mudah dirontokkan saat duel udara dan dihancurkan didarat sebelum mereka berhasil mengudara.
Pada satu minggu pertama Jerman sukses menghancurkan 4.000 unit pesawat didarat dan 700 unit dalam pertempuran udara.
Dalam satu bulan angka kemenangan pilot-pilot Jerman terhadap pilot VVS Soviet genap menjadi 6.000 unit didarat dan 1.500 diudara.
Beruntung buat Soviet karena banyak pilot-pilot berpengalaman mereka selamat dan pesawat-pesawat tempur modern mereka lolos dari serangan udara Jerman seperti LaGG-1, MiG-1, Sukhoi Su-1, Yakovlev Yak-1, dan Lavockhin La-5.
Padahal jika dihitung dari segi jumlah kekuatan udara Uni Soviet jauh lebih unggul, karena saat itu VVS Soviet memiliki kurang lebih 10.000 unit pesawat tempur.
Tapi karena pesawat-pesawat Soviet diawal perang didominasi oleh penempur Polikarpov I-16 Rata dan pembom Polikarpov Po-2 yang rata-rata sudah ketinggalan jaman dapat dengan mudah dirontokkan saat duel udara dan dihancurkan didarat sebelum mereka berhasil mengudara.
Pada satu minggu pertama Jerman sukses menghancurkan 4.000 unit pesawat didarat dan 700 unit dalam pertempuran udara.
Dalam satu bulan angka kemenangan pilot-pilot Jerman terhadap pilot VVS Soviet genap menjadi 6.000 unit didarat dan 1.500 diudara.
Beruntung buat Soviet karena banyak pilot-pilot berpengalaman mereka selamat dan pesawat-pesawat tempur modern mereka lolos dari serangan udara Jerman seperti LaGG-1, MiG-1, Sukhoi Su-1, Yakovlev Yak-1, dan Lavockhin La-5.
Baru pada tahun 1942 Soviet
menerima ribuan unit pesawat tempur Land Lease (sewa pinjam) dari Sekutu Barat nya Amerika
Serikat macam Bell P-39 Airacobra,
Boston I, Boston III, dan Curtiss
P-40 Warhawk.
Sedangkan dari Inggris, Soviet menerima ribuan unit Hawker Hurricane dan Supermarine Spitfire.
Dari AS, Soviet memanfaatkan penempur P-39 Airacobra untuk menghadapi pesawat tempur Luftwaffe kala itu yang didominasi oleh Messerschmitt Me-109 dan Me-110.
Padahal sepak terjang P-39 dianggap tumpul oleh AS karena mudah dirontokkan oleh pesawat Zero Jepang dalam pertempuran udara sengit di Pasifik dan Asia Tenggara.
Ditahun itu lah banyak pilot-pilot Soviet yang bertarung dengan gigih melawan penempur Luftwaffe Jerman meski banyak yang dengan mudah dikalahkan karena kurang berpengalaman.
Sedangkan dari Inggris, Soviet menerima ribuan unit Hawker Hurricane dan Supermarine Spitfire.
Dari AS, Soviet memanfaatkan penempur P-39 Airacobra untuk menghadapi pesawat tempur Luftwaffe kala itu yang didominasi oleh Messerschmitt Me-109 dan Me-110.
Padahal sepak terjang P-39 dianggap tumpul oleh AS karena mudah dirontokkan oleh pesawat Zero Jepang dalam pertempuran udara sengit di Pasifik dan Asia Tenggara.
Ditahun itu lah banyak pilot-pilot Soviet yang bertarung dengan gigih melawan penempur Luftwaffe Jerman meski banyak yang dengan mudah dikalahkan karena kurang berpengalaman.
Memasuki tahun 1943 pertempuran udara di Front Timur semakin sengit karena Soviet mulai mengandalkan pesawat-pesawat tempur
lokal macam LaGG-3, LaGG-5, MiG-3,
Yak-3, Il-2 Stormovik, dan La-5 sembari
menerima bantuan pesawat dari Amerika Serikat lagi
dalam jumlah besar.
Ditahun itu pula lah terjadi pertempuran udara terbesar sepanjang sejarah yang mana 2.200 unit pesawat Luftwaffe berhadapan dengan 3.900 unit pesawat VVS Soviet dalam Battle of Kursk yang kesohor karena perang tank terbesarnya.
Selama kurang lebih dua minggu dibulan Agustus 1943 ribuan pesawat dari kedua belah pihak saling baku hantam dan tidak jarang bertabrakan diudara saat memulai dogfightnya karena saking banyaknya pesawat tempur keduanya.
Soviet pun keluar sebagai pemenang.
Ditahun itu pula lah terjadi pertempuran udara terbesar sepanjang sejarah yang mana 2.200 unit pesawat Luftwaffe berhadapan dengan 3.900 unit pesawat VVS Soviet dalam Battle of Kursk yang kesohor karena perang tank terbesarnya.
Selama kurang lebih dua minggu dibulan Agustus 1943 ribuan pesawat dari kedua belah pihak saling baku hantam dan tidak jarang bertabrakan diudara saat memulai dogfightnya karena saking banyaknya pesawat tempur keduanya.
Soviet pun keluar sebagai pemenang.
Memasuki tahun 1944 arah pertempuran berbalik yang mana Luftwaffe Jerman lebih memilih bertahan
menghadapi serangan balasan VVS Soviet yang
terus menerus menyerang.
Soviet juga sukses mengelar operasi Bagration pada Agustus 1944 untuk mengusir seluruh tentara Jerman dari tanah airnya sekaligus berbalik membebaskan Eropa Timur dari pendudukan Nazi Jerman.
Soviet yang sekarang unggul dalam jumlah kekuatan udara pun mendominasi pertempuran udara sedikit demi sedikit mengganti pesawat-pesawat Land Lease dari Amerika Serikat dengan pesawat tempur buatan mereka sendiri.
Soviet juga sukses mengelar operasi Bagration pada Agustus 1944 untuk mengusir seluruh tentara Jerman dari tanah airnya sekaligus berbalik membebaskan Eropa Timur dari pendudukan Nazi Jerman.
Soviet yang sekarang unggul dalam jumlah kekuatan udara pun mendominasi pertempuran udara sedikit demi sedikit mengganti pesawat-pesawat Land Lease dari Amerika Serikat dengan pesawat tempur buatan mereka sendiri.
Ditahun 1945 saat Soviet
melancarkan serangan balik terhadap Jerman,
VVS Soviet ikut bergantian silih berganti membom Jerman dari arah timur bersama Sekutu Barat yang menggempur Jerman dari arah barat.
Disini lah pilot-pilot Luftwaffe mati-matian berjuang mempertahankan tanah airnya dari gempuran pesawat-pesawat bomber Soviet yang menyerbu dalam jumlah besar dengan dikawal dengan pesawat tempur yang dua kali lipat lebih banyak dari bombernya sendiri.
Baru pada 1 Mei 1945 Jerman pun menyerah kalah terhadap Soviet, dan perlawanan sengit pilot-pilot Luftwaffe diudara menghadapi VVS Soviet pun berakhir.
Disini lah pilot-pilot Luftwaffe mati-matian berjuang mempertahankan tanah airnya dari gempuran pesawat-pesawat bomber Soviet yang menyerbu dalam jumlah besar dengan dikawal dengan pesawat tempur yang dua kali lipat lebih banyak dari bombernya sendiri.
Baru pada 1 Mei 1945 Jerman pun menyerah kalah terhadap Soviet, dan perlawanan sengit pilot-pilot Luftwaffe diudara menghadapi VVS Soviet pun berakhir.
Major Erich Harthmann dari
Luftwaffe keluar sebagai top ace
(jago tempur) nomor satu didunia dengan sukses menembak jatuh 352 pesawat Soviet
(diantaranya 7 unit P-51 Mustang USAAF)
dari Nopember 1942 sampai Mei 1945.
Dia sendiri tercatat sebagai jago tempur sepanjang masa yang tidak dapat ditandingi oleh negara manapun.
Dia sendiri tercatat sebagai jago tempur sepanjang masa yang tidak dapat ditandingi oleh negara manapun.
Uni Soviet punya
Ivan Kozhedub
dengan 62 kills
pesawat Jerman
Amerika Serikat punya Ira Dick Bong dengan 40 kills pesawat Jepang
Inggris punya Johnny Patt Pattle dengan 51 (?) kills pesawat Poros
Jepang punya Hiroyoshi Nishizawa dengan 87+ (116 ?) kills pesawat Sekutu.
Amerika Serikat punya Ira Dick Bong dengan 40 kills pesawat Jepang
Inggris punya Johnny Patt Pattle dengan 51 (?) kills pesawat Poros
Jepang punya Hiroyoshi Nishizawa dengan 87+ (116 ?) kills pesawat Sekutu.
Ada cerita menarik dari Front Eropa
Timur, yaitu antara Erich Harthmann (352 kills) dan Gerhard Barkhorn (301 kills) dari Luftwaffe Jerman dalam
persaingan mereka menghadapi Ivan Kozhedub (62+
kills) dan Aleksandr
Ivanovich Pokryshkin (59
kills) dari VVS Soviet.
Kozhedub adalah jago tempur Soviet yang sangat ingin berhadapan dengan Harthmann, tapi dari awal hingga akhir perang pun kedua pilot nomor satu dari negaranya masing-masing ini tidak pernah berjumpa dan berduel satu sama lain.
Kozhedub adalah jago tempur Soviet yang sangat ingin berhadapan dengan Harthmann, tapi dari awal hingga akhir perang pun kedua pilot nomor satu dari negaranya masing-masing ini tidak pernah berjumpa dan berduel satu sama lain.
Harthmann sendiri walaupun banyak
menembak jatuh pesawat Soviet
sebenarnya segan untuk berhadapan dengan Pokryshkin yang menurutnya jauh lebih hebat dari Kozhedub karena
jam terbang Pokryshkin yang
lebih lama dan kemampuan tempurnya yang umumnya brutal dan hebat membuat Harthmann selalu berusaha menghindarinya jika
berpapasan dalam air combat.
Pokryshkin vs Barkhorn, duel antara dua jago tempur nomor dua dari VVS vs Luftwaffe
ini pernah terjadi pada 31 Mei 1944 dimana Barkhorn dan
pesawat-pesawat dari skuadronnya melakukan pencegatan terhadap pesawat-pesawat
pembom Soviet pada siang hari. Barkhorn yang pada hari itu telah memperoleh 273 kills terhadap pesawat Soviet gagal untuk mengetahui keberadaan pesawat
pengawal Soviet.
Dan duel terjadi ketika pesawat Me-109 G-6 milik Barkhorn berpapasan dengan P-39 Airacobra milik Pokryshkin yang menukik dengan kecepatan tinggi setelah bersembunyi dalam awan dengan menggumpan bomber Soviet.
Duel sengit yang sangat brutal dan ganas terjadi selama kurang lebih 3,5 menit antara Barkhorn vs Pokryshkin itu berakhir dengan kekalahan Barkhorn yang pesawatnya rusak berat dan tubuhnya yang terluka parah karena tertembus peluru pesawat Pokryshkin.
Barkhorn sendiri mendarat dengan selamat dibelakang garis pertahanan Jerman dan harus dirawat selama empat bulan.
Setelah sembuh dari lukanya Barkhorn sempat takut untuk mengudara kembali karena trauma terluka berat akibat pertarungan yang sangat sengit menghadapi Pokryshkin terulang kembali.
Pokryshkin sendiri yang pesawatnya juga rusak berat akibat duel menghadapi Barkhorn, kembali dengan sukses dan seminggu kemudian dia dipanggil ke Moskow untuk menerima medali penghargaan Hero’s of Soviet Union untuk kedua kalinya karena prestasi dahsyatnya tersebut.
Dan duel terjadi ketika pesawat Me-109 G-6 milik Barkhorn berpapasan dengan P-39 Airacobra milik Pokryshkin yang menukik dengan kecepatan tinggi setelah bersembunyi dalam awan dengan menggumpan bomber Soviet.
Duel sengit yang sangat brutal dan ganas terjadi selama kurang lebih 3,5 menit antara Barkhorn vs Pokryshkin itu berakhir dengan kekalahan Barkhorn yang pesawatnya rusak berat dan tubuhnya yang terluka parah karena tertembus peluru pesawat Pokryshkin.
Barkhorn sendiri mendarat dengan selamat dibelakang garis pertahanan Jerman dan harus dirawat selama empat bulan.
Setelah sembuh dari lukanya Barkhorn sempat takut untuk mengudara kembali karena trauma terluka berat akibat pertarungan yang sangat sengit menghadapi Pokryshkin terulang kembali.
Pokryshkin sendiri yang pesawatnya juga rusak berat akibat duel menghadapi Barkhorn, kembali dengan sukses dan seminggu kemudian dia dipanggil ke Moskow untuk menerima medali penghargaan Hero’s of Soviet Union untuk kedua kalinya karena prestasi dahsyatnya tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar